Geliat Musisi Sumbar Di Masa Pandemi

Dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional, para musisi di Sumatera Barat mengembangkan bakat dan minatnya melalui perhelatan musik yang diselenggarakan hari Minggu (13/03) secara daring melalui Live Streaming Youtube. Untuk menghidupkan kembali ekosistem bermusik selama pandemi, acara tahunan 3AM Studio kali ini bekerja sama dengan komunitas gitar 'Minang Guitarian' untuk meregenerasi bakat bermusik di Sumatera Barat, khususnya untuk alat musik gitar.

Acara yang telah dipersiapkan sejak Januari kemarin, melewati proses kompetisi dan menggaet 'Minang Guitarian' sebagai kurator. Kurasi musik bertajuk 'Music Challenge' ini ditargetkan pada musisi yang memiliki karya orisinil, namun belum diproduksi serta belum dipublikasikan melalui digital platform. Melalui proses kurasi tersebut, diperoleh 3 nama, yakni, Laralogi, Lentera, dan Papan Iklan. Ketiganya mendapatkan kesempatan tampil di acara kemarin sebelum ditutup oleh penampilan 8 gitaris dari 'Minang Guitarian' dengan persembahan karya aransemen ulang lagu minang 'Ayam Den Lapeh' kreasi modern.

Menurut Ryan, salah satu panitia penyelenggara, meski belum terbiasa dengan konsep daring namun acara berjalan lancar walau terkadang sedikit terkendala masalah jaringan. Tak lupa juga, panitia menerapkan protokol kesehatan dengan ketat selama acara berlangsung untuk kenyamanan semua yang hadir.

“Panitia melaksanakan showcase dengan menerapkan protokol kesehatan bagi performer dan panitia, pengunjung juga dibatasi sesuai kapasitas area. Setiap perfomer diwajibkan membawa alat musiknya sendiri,” tutup Ryan.

GitarPlus terbit perdana pada 15 Januari 2004. Sebagai majalah gitar pertama dan satu-satunya di Indonesia, GitarPlus berusaha memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia musik, khususnya dunia gitar di Indonesia.

Selama 13 tahun GitarPlus hadir dalam format media cetak dan telah menggelar berbagai kegiatan musik berorientasi gitar yang melibatkan ribuan gitaris di seluruh Indonesia.

Menghadapi era digital yang serba cepat, sejak Februari 2017, GitarPlus meninggalkan versi cetak dan beralih ke media online dalam membagikan informasi dan mengembangkan komunikasi dengan musisi dan gitaris di seluruh Indonesia.

Secara aktif, kami akan terus memberi informasi yang mengedukasi bagi perkembangan dunia gitar di Indonesia

Redaksi

  • C. Intan Pratiwi Pemimpin Redaksi
  • Eka Venansius
    Eka Venansius Pemimpin Perusahaan
  • Mahayu Koesoemo
    Mahayu Koesoemo Social Media Manager & Redaktur
  • Mahendra Yogaswara
    Mahendra Yogaswara Videographer & Editor
  • Dede SP
    Dede SP Digital Marketing
 

Address

Redaksi GitarPlus

  • Emerald View A1 No.10 Bintaro Sektor 9 Tangerang Selatan, Banten
  • +62 21 29427410

 

Created by inisial dotcom