Yamaha Revstar RS620: Bintang Baru Bernuansa Vintage Modern

Langkah ekspansi yang dilakukan Yamaha selaku produsen alat music seperti gitar, keyboard, bass, drum dan berbagai alat music lainnya kian berkembang. Dan dalam sejarah produksi gitar elektrik, kini Yamaha semakin inovatif, produk ini salah satu buktinya. Cikal bakal lahirnya Yamaha Revstar RS620 ini sendiri terinspirasi bentuk kinerja performa ‘Café Racer’ yakni berkumpulnya para pengendara sepeda motor balap klasik yang mewarnai kota London pada era ‘60an. Serta dengan menggabungkan semangat berdirinya 50 tahun dedikasi Yamaha Jepang dalam menggeluti dunia gitar berkualitas di industry music. Konsep inilah yang diterapkan dan tertuang pada gitar Yamaha Revstar RS620 hingga menghasilkan cita rasa berkualitas bergaya vintage-modern yang dinamis.

Ya, sosok Revstar RS620 menekankan gaya klasik berbekal fitur modern. Gitar solid bodi ini berbobot 4.06Kg dengan tebal sekitar 4,2 cm ini memiliki konstruksi double cutway dengan kontur permukaan yang rata, detail, dan rapih. Material kayu yang di gunakan adalah jenis mahogany dan solid maple di bagian atas. Juga dilengkapi pickguard hitam sebagai pelindung bodi dari terjangan jatuhnya gerakan pick dan sekaligus menjadi pemanis di bodi. Dan terdapat alur lapisan binding yang mengelilingi bodi dan neck. Dengan lumuran paduan warna ‘brick burst’ dan satin membuat tampilan Revstar RS620 kental akan kesan vintage, modern, dan penuh energy.

Produk gitar asal jepang yang kini telah dibuat di Indonesia ini menerapkan system ‘set in’ neck yakni menyatukan antara bodi dan neck dengan system press pabrikan hingga terlihat menyatu. Penerapan system ini menghasilkan nada sustain dari neck dan bodi menjadi lebih panjang. Kekuatannya pun dijamin tahan lama.

Di bagian neck, gitar berskala ukuran 24,75 inchi (62,8 cm) menggunakan material kayu mahogany untuk lapisan belakang dan rosewood untuk bagian depan pada fingerboard. Lingkar panjang neck yaitu 7,8 cm, sangat pas dan ideal digenggam. Terutama unutk rata-rata jemari ras asia. Di neck terdapat 22 fret besi baja ukuran jumbo dan tanda inlay jenis SF. Secara keseluruhan, kondisi di neck terasa menghasilkan playability yang nyaman. Lalu bridge jenis tailpiece yang menyanggah senar di bodi membuat tegangan senar dan tuning menjadi lebih stabil sebagai penghantar nada sustain yang baik. Selain itu, juga memudahkan saat mengganti atau memasang senar.

Nah, bagaimana dengan perangkat elektronik sebagai penghasil suara utama suaranya? Revstar RS620 menyematkan konfigurasi pickup humbucker ganda jenis pasif yaitu jenis VH5 (vintage humbucker) magnet alnico 5 di posisi bridge dan neck. Dan agar terlihat vintage, keduanya dikemas dalam plat logam berlapis krom nikel satin. Untuk mengaktifkannya, kedua pickup tersebut dikendalikan melalui saklar switch posisi tiga arah (bridge, bridge-neck, neck).

Takaran keluaran suara dapat di atur melalui dua knob yakni volume dan tone. Saat di posisi clean ataupun drive, semburan suaranya cenderung bright dan powerful. Mampu menghasilkan karakter suara vintage – modern yang jelas, jernih dan seimbang. Uniknya, pada knob kontrok tone tersemat fungsi push pull ‘dry switch’yang jika diaktifkan (tarik keatas) akan merespon low cut dan menghasilkan paduan suara split pickup layaknnya single coil. Suara yang dihasilkan memberikan kombinasi baru yakni agak sedikit twang dan mid. Mirip single coil. Serta mampu pula mengeliminasi gangguan bunyi (noise atau humming) yang tak diinginkan. (Andris)    

GitarPlus terbit perdana pada 15 Januari 2004. Sebagai majalah gitar pertama dan satu-satunya di Indonesia, GitarPlus berusaha memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia musik, khususnya dunia gitar di Indonesia.

Selama 13 tahun GitarPlus hadir dalam format media cetak dan telah menggelar berbagai kegiatan musik berorientasi gitar yang melibatkan ribuan gitaris di seluruh Indonesia.

Menghadapi era digital yang serba cepat, sejak Februari 2017, GitarPlus meninggalkan versi cetak dan beralih ke media online dalam membagikan informasi dan mengembangkan komunikasi dengan musisi dan gitaris di seluruh Indonesia.

Secara aktif, kami akan terus memberi informasi yang mengedukasi bagi perkembangan dunia gitar di Indonesia

Redaksi

  • C. Intan Pratiwi Pemimpin Umum
  • Eka Venansius Pemimpin Perusahaan
  • M. Fadli Redaktur
  • Bobby Rizkiawan Redaksi

Address

Redaksi GitarPlus

  • Emerald View A1 No.10 Bintaro Sektor 9 Tangerang Selatan, Banten
  • +62 21 29427410

Goodluck Apparel

  • Graha Raya Boulevard Blok P1 No. 27 Serpong Utara,  Tangerang Selatan

Created by inisial dotcom