Gear Break: Marshall MG 15 CFX VS Roland CUBE 20 GX

{gallery}137{/gallery}

Amplifier kamar merupakan kebutuhan paling penting bagi seorang gitaris. Dengan watt yang lebih kecil, bentuk yang lebih kecil membuat gitaris dapat berlatih tanpa mengganggu orang di sekitarnya. Hal itulah yang membuat para produsen amplifier terus berinovasi untuk memanjakan seluruh gitaris dunia saat harus latihan di kamarnya.

Dari sekian banyak brand bermunculan brand Marshall dan Roland tetap menjadi pilihan gitaris dunia. Kedua amplifier ini memang memiliki sound yang luar biasa dan Inovasi-inovasi nya pun selalu di nanti oleh gitaris-gitaris.

Nah, bagaimana bila kedua amplifier keluaran tersebut diadu? Bagaimana perbandingan suara keluaran  MARSHALL MG 15 CFX dan ROLLAND CUBE 20 GX?

Marshall MG 15 CFX dengan Custom Speaker ala Marshall dengan ukuran delapan inci menyediakan berbagai fitur menariknya, seperti  empat buah channel pilihan sound yaitu Clean, Crunch, OD1, dan OD2. Fitur ini membuat para user dapat memainkan berbagai macam lagu tanpa harus menggunakan efek. Fitur yang tersedia di bagian knob nya adalah Gain, Volume, Reveb, Fx Select, Master, Channel Select, Tap Tempo, Store dan Equalizer  (Bass, Middle, dan Treble). Hebatnya di amplifier ini bias dilakukan save preset yang sudah sesuai dengan karakter kita hanya dengan menekan tombol Store.

Di bagian modulasi, Marshall MG 15 CFX ini menyediakan sound yang dapat memenuhi kebutuhanmu yaitu Chorus, Flanger, Phaser, Octaver, serta Delay yang bisa di Tap Tempo dan Reverb.

Tidak kalah keren dengan Marshall MG 15 CFX, produk terbaru dari Roland yaitu CUBE 20 GX sangat memukai dengan teknologi yang memanjakan para pengguna Apple – Iphone, Ipad, Ipod Touch, yang dapat membuat Apple stuff menjadi Interface dan bisa melakukan rekaman dengan software Roland CUBE Jam di App Store.

Dengan custom desain  speaker berukuran delapan inci dan memiliki power 20 watt, amplifier ini sudah sangat recommended untuk menemani latihanmu di kamar. Dengan fitur futuristic-nya seperti  Pro COSM Tone membuat sound gitarmu terdengar sangat Istimewa, baik dalam clean serta cukup istimewa juga pada saat menggunakan channel  Lead dan Solo.

Di bagian kontrol, Roland CUBE 20 GX ini dilengkapi oleh Aux In untuk connect ke Apple Stuff anda sebagai Interface, lalu Channel Select untuk merubah Sound Clean, Lead (memiliki beberapa sound distorsi untuk menyesuaikan kebutuhan Distorsi yaitu Overdrive, Distortion, Metal, dan Metal Stack). Solo merupakan tempat para user menyimpan Preset yang telah disetting sesuai keinginan. Item ini juga menyediakan fitur Equalizer, Modulation (Chorus, Flanger, Phaser, Tremolo, dan Heavy Octave serta jDelay dan Reverb. Setiap channel memiliki Volume masing-masing dan Master Volume untuk mengatur Volume keseluruhan.

Catatan penulis

Saya mencoba kedua amplifier ini dengan gitar Ibanez S970CW dan kedua buah amplifier ini memiliki kelebihan masing-masing. Untuk distorsi, Marshall memiliki sound distorsi yang menyerupai Marshall JCM 800 dengan karakter British High Gain. Sedangkan Roland memiliki sound distorsi dengan pilihan lebih banyak namun soun nya cenderung lebih digital atau simulasi. Namun untuk urusan Clean, produk Roland jauh Lebih baik karena sangat mendekati karakter Clean dari Roland Jazz Chorus 120 dengan karakter Chime Clean.

Hendry Halim

GitarPlus terbit perdana pada 15 Januari 2004. Sebagai majalah gitar pertama dan satu-satunya di Indonesia, GitarPlus berusaha memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia musik, khususnya dunia gitar di Indonesia.

Selama 13 tahun GitarPlus hadir dalam format media cetak dan telah menggelar berbagai kegiatan musik berorientasi gitar yang melibatkan ribuan gitaris di seluruh Indonesia.

Menghadapi era digital yang serba cepat, sejak Februari 2017, GitarPlus meninggalkan versi cetak dan beralih ke media online dalam membagikan informasi dan mengembangkan komunikasi dengan musisi dan gitaris di seluruh Indonesia.

Secara aktif, kami akan terus memberi informasi yang mengedukasi bagi perkembangan dunia gitar di Indonesia

Redaksi

  • C. Intan Pratiwi Pemimpin Umum
  • Eka Venansius Pemimpin Perusahaan
  • M. Fadli Redaktur
  • Bobby Rizkiawan Redaksi

Address

Redaksi GitarPlus

  • Emerald View A1 No.10 Bintaro Sektor 9 Tangerang Selatan, Banten
  • +62 21 29427410

Goodluck Apparel

  • Graha Raya Boulevard Blok P1 No. 27 Serpong Utara,  Tangerang Selatan

Created by inisial dotcom