Fender Bass Breaker 45: Keleluasaan Memilih Sound Berkelas

Amplifier tweed Fender Bassman keluaran akhir era'50-an seringkali disebut "kakek" dari semua amplifier gitar, karena hingga saat ini "DNA" amplifier Fender Bassman tersebut masih sering ditemukan pada amplifier gitar yang diproduksi pada masa kini. Amplifier legendaris ini disukai banyak gitaris di seluruh dunia karena kesederhanaan, fleksibilitas, jangkauan dinamika yang luas, overdrive tabung yang warm, power yang besar serta daya tahan yang tangguh dalam menghadapi situasi.

Nah, Fender seri Bassbreaker ini adalah penerus garis keturunan amplifier-amplifier Fender legendaris. Mengambil desain asli dari Fender 59 Bassman yang di tambah dengan fitur-fitur seperti cover ampli berwarna abu-abu tua yang terbuat dari bahan tweed berpernis, tombol knob yang besar dan halus, sirkuit yang unik serta ditambah kekuatan tabung dan speaker yang mengingatkan kita pada amplifier British yang meminjam sirkuit amplifier Fender era 1960-an.

Dengan daya maksimum 45 watt menjadi model andalan dan berada di tingkat tertinggi di antara amplifier amplifier Fender seri Bassbreaker lainnya yang memiliki watt lebih rendah dari Fender Bassman 45. Dengan bunyi dan performa yang berkelas profesional, sangat cocok bagi gitaris rock masa kini.

Saat Fender bassbreaker 45 dijajal dengan memasangkannya dengan cabinet BB-212 enclosure menggunakan gitar Fender American Deluxe Strat plus dengan standart wiring personality card yang dihubungkan ke input channel normal dengan posisi EQ, dipasang flat di Jam 12 semua dan dengan output 1 watt. Ketika knob volume normal dibuka 1/4 terdengar suara yang nyaman dan ramah di telinga, meskipun output hanya 1 watt tetapi suara yang dihasilkan sangat jelas dan detilnya tetap terjaga. 

Lalu, tanpa mengubah EQ, Volume, dan Channel lagi, output langsung setel di 45 Watt. Hasilnya luar biasa. Melebihi ekspektasi. Suara yang dikeluarkan terasa sangat bertenaga tetapi tetap dapat merespon dinamika permainan yang sangat baik. Crescendo dan decrescendo terasa sekali perubahan dinamika dari Sangat lembut, hingga sangat Keras. Lalu saat dirubah lagi dari normal ke bright dengan EQ tetap Flat dan Output 45 Watt, suara yang disemburkan terdengar lebih bright dengan ekstra di Frekuensi mid-high, clarity yang hasilkan benar benar jelas. Ketika memutar volume knob bright ke arah jam 12 maka terdengar suara drive yang bright dan warm.

Fender Bassbreaker ini benar benar merupakan amplifier dengan kualitas yang sangat baik, yang mampu menghadirkan sound sound vintage berkelas, hingga sound modern dari yang smooth sampai bright karena memberikan keleluasaan dalam memilih jenis suara.

(Andris)

GitarPlus terbit perdana pada 15 Januari 2004. Sebagai majalah gitar pertama dan satu-satunya di Indonesia, GitarPlus berusaha memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia musik, khususnya dunia gitar di Indonesia.

Selama 13 tahun GitarPlus hadir dalam format media cetak dan telah menggelar berbagai kegiatan musik berorientasi gitar yang melibatkan ribuan gitaris di seluruh Indonesia.

Menghadapi era digital yang serba cepat, sejak Februari 2017, GitarPlus meninggalkan versi cetak dan beralih ke media online dalam membagikan informasi dan mengembangkan komunikasi dengan musisi dan gitaris di seluruh Indonesia.

Secara aktif, kami akan terus memberi informasi yang mengedukasi bagi perkembangan dunia gitar di Indonesia

Redaksi

  • C. Intan Pratiwi Pemimpin Umum
  • Eka Venansius Pemimpin Perusahaan
  • M. Fadli Redaktur
  • Bobby Rizkiawan Redaksi

Address

Redaksi GitarPlus

  • Emerald View A1 No.10 Bintaro Sektor 9 Tangerang Selatan, Banten
  • +62 21 29427410

Goodluck Apparel

  • Graha Raya Boulevard Blok P1 No. 27 Serpong Utara,  Tangerang Selatan

Created by inisial dotcom