VOX AC4TV: Powerful dan Hemat Energi

Langkah reissue atau memunculkan kembali suatu produk di masa lalu kini mulai dilakukan produsen alat musik. Contohnya Vox AC4TV ini. Sebuah amplifier gitar berteknologi tabung dengan kemasan minimalis. Awalnya, konsep AC4TV berasal dari Vox AC4 yang pertama kali diproduksi pada 1961 silam. Dan kini Vox menambahkan namanya menjadi Vox AC4TV. 

Tampilan AC4TV sendiri masih mengacu versi lamanya, berbentuk kotak layaknya televisi tabung, dengan motif dan desain butik yang minimalis. Bagian panelnya pun sederhana. Hanya terhadap lubang input, tiga knob pengaturan (tone, volume, OP level: 4W, 1W, 1/4W), tombol power on/off serta lampu indikator LED. Keseluruhan panel mudah dioperasikan. Sementara di panel belakang, hanya terdapat koneksi kabel power. 

Meskipun mini, ampli berkelas A ini memuat beragam fitur kaya di dalamnya, seperti: speaker 1x10" 16-Ohm celestion VX10 custom, output4 watt rms 16-ohm, tabung 1 x 12AX7 (preamp), 1 x EL84 (power amp), tiga pilihan outputmodes (4 watts, 1 watt, 1/4 watt), dan beberapa fitur lainnya. 

Yang membuatnya istimewa, ampli ini memiliki pilihan output daya atau untuk pengaturan takaran kecil kerasnya suara yang keluar melalui knob OP level. Jadi, level suara dapat dengan mudah dikendalikan sesuai kondisi dan tempat posisi ampli digunakan. Pada menu knob volume, saat dibuka, menghasilkan output suara berpadu dengan karakter drive. Semakin besar volume dibuka maka sound drive makin jelas kentara. 

Dengan mengandalkan kombinasi tabung jenis EL84 pada AC4TV-sama seperti Vox AC 4 era 1961 yang dipadukan dengan tabung poweramp jenis 12AX7 dan disemburkan melalui speaker speaker 1 x 10"celestion VX10 custom, membuat semburan suaranya lebih jelas, tegas, dan jemih. Berkarakter khas seperti Vox pada umumnya, yakni vintage british top-end tone. Sesuai dengan karakter pada saat ampli ini pertama kali dibuat Sangat impresif bright warm, dan berkesan retro sound. 

Meski berkapasitas watt besar; berkat adanya teknologi (tass A operation, AC4TV mampu memberikan daya kinerja paket ampli combo yang mudah digunakan, portabel dan hemat listrik. Powerful, namun hemat energi. 

(Andris) 

GitarPlus terbit perdana pada 15 Januari 2004. Sebagai majalah gitar pertama dan satu-satunya di Indonesia, GitarPlus berusaha memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia musik, khususnya dunia gitar di Indonesia.

Selama 13 tahun GitarPlus hadir dalam format media cetak dan telah menggelar berbagai kegiatan musik berorientasi gitar yang melibatkan ribuan gitaris di seluruh Indonesia.

Menghadapi era digital yang serba cepat, sejak Februari 2017, GitarPlus meninggalkan versi cetak dan beralih ke media online dalam membagikan informasi dan mengembangkan komunikasi dengan musisi dan gitaris di seluruh Indonesia.

Secara aktif, kami akan terus memberi informasi yang mengedukasi bagi perkembangan dunia gitar di Indonesia

Redaksi

  • C. Intan Pratiwi Pemimpin Umum
  • Eka Venansius Pemimpin Perusahaan
  • M. Fadli Redaktur
  • Bobby Rizkiawan Redaksi

Address

Redaksi GitarPlus

  • Emerald View A1 No.10 Bintaro Sektor 9 Tangerang Selatan, Banten
  • +62 21 29427410

Goodluck Apparel

  • Graha Raya Boulevard Blok P1 No. 27 Serpong Utara,  Tangerang Selatan

Created by inisial dotcom