Yamaha THR100HD Guitar Head Amplifier - Modelling 2 in 1 Mutakhir

Langkah inovasi Yamaha selaku produsen berbagai alat musik, termasuk amplifier, semakin mencengangkan. Produk terbarunya, Yamaha THR100HD ini salah satu buktinya. Sebuah head amplifier gitar bertenaga 100 watt jenis solid stage, berteknologi ampli modeling dan bermuatan dua channel sekaligus.

Secara konsep dan model, ampli berbobot 4.2 kg dengan dimensi 44.5 × 24.8 × 12.5 cm (p x l x t) ini unik. Dikemas portable dengan desain yang mengacu ke model-model ampli butik klasik. Berbentuk kotak persegi panjang, berkontruksi besi dengan balutan paduan warna hitam dan kuning krem layaknya ampli butik tradisional. Agar mudah ditenteng ke mana-mana, head ini dilengkapi sebuah besi penyanggah di sisi samping. Sangat cocok bagi para gitaris yang memiliki jam terbang panggung yang cukup padat.

Fitur yang ditawarkan terbilang memiliki terapan teknologi terbaru: tersemat dua ampli dalam satu kemasan, menyediakan lima jenis karakter ampli, lima karateristik tabung, tube selector (class A/AB), VCM technology virtual amp modeling, knob kontrol klasik, line out, speaker out,  booster switch, koneksi USB, efek loop send-return, headphone dan beberapa fitur lainnya.

Di panel kontrol, THR100HD menyediakan paket dua ampli sekaligus dimana tiap channel-nya dilengkapi oleh beragam fitur seperti dua channel input (input 1/input 2),  tombol power on/off, saklar switch channel (channel I, I-II, II), booster switch, dan sederetan knob pengatur (booster, gain, master, EQ:bass, middle, treble, presence, reverb, volume).

Lalu di panel belakang, terdapat power section I dan II yang berisikan lima pilihan karakter ampli tabung pilihan (EL34, 6LC6GC, KT88, EL84, 6V6), tube selector (class A/AB), dual amp function, line out, speaker out, koneksi USB, efek loop send-return, headphone, koneksi footswitch, dan koneksi kabel power. Tapi secara keseluruhan panel kontrol tersebut terlihat sederhana dan mudah dioperasikan.

Meski dirancang layaknya ampli jenis solid state, namun head bertaraf kelas A/AB ini menyediakan pilihan output speaker pilihan sesuai kebutuhan para penggunanya, yakni 25 watt (4 ohm), 50 watt (8 ohm), dan 100 watt (16 ohm).

Keistimewaan lainnya, ampli ini juga menawarkan simulasi ampli yang mampu mengkaptur berbagai karakteristik secara baik dan detail. Misalkan, pada menu solid mampu memberikan warna tone clean/distorsi yang jernih dan jelas layaknya ampli jenis solid-state American combo. Untuk crunch, fitur ini menghadirkan karateristik distorsi British combo yang bright, dan dinamis. Fitur Lead, mampu menggeber suara preamp gain penuh berkarakteristik mid-range tone ala British. Lalu ada pula pilihan modern ala Amerika dengan kecendrungan sound yang low-end dan memiliki sustain yang baik.

Beberapa tipe karakteristik simulasi ampli tabung yang real, detail dan sangat ‘nendang’ dihadirkan di power section, yakni 6V6: karakter tabung yang biasa digunakan pada ampli jenis American combo yang dapat mengantarkan distorsi warm dan harmonis;  EL84: karakteristik tabung yang biasa digunakan oleh ampli British yang mengantarkan drive yang lembut; KT88: karakter tabung ini biasa digunakan pada ampli jazz hingga metal;  6L6GC: berkarakter midrange dan bright, clean punch, dan bergaya classic American; serta EL34 yang mengantarkan warna tone midrange, low-end yang tebal, treble yang pas, dan mengacu pada classic British amp. Semua karakter tabung ini merupakan terapan teknologi Yamaha VCM terbaru yang detail dan akurat. Untuk mendapatkan kualitas semburan suara yang maksimal, sebaiknya dipasangkan dengan speaker kabinet eksternal seperti Yamaha tipe THRC112 atau THR212.

Saat dicoba di channel clean, petikan senar gitar tertangkap dengan baik dan jernih. Sementara ketika mengaktifkan channel distorsi, semburan -drive distorsinya terdengar mengentak, dan menghasilkan sound yang segar ketika memainkan riff-riff, lick hingga lead solo. Selain berkarakter bright dan warm, ampli ini juga mampu menge-boost kedua channel tersebut secara bersamaan dengan maksimal, dan dengan karakteristik suara tabung yang kental. Pas digeber untuk segala genre musik, mulai dari pop, rock, blues, jazz hingga metal sekali pun. Untuk memudahkan perpindahan menu channel, head ini dilengkapi pedal footswitch yang kokoh.

Sebuah produk head ampli yang benar-benar berteknologi brilian, menghadirkan banyak alasan yang kuat untuk memilikinya. (Andris)

GitarPlus terbit perdana pada 15 Januari 2004. Sebagai majalah gitar pertama dan satu-satunya di Indonesia, GitarPlus berusaha memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia musik, khususnya dunia gitar di Indonesia.

Selama 13 tahun GitarPlus hadir dalam format media cetak dan telah menggelar berbagai kegiatan musik berorientasi gitar yang melibatkan ribuan gitaris di seluruh Indonesia.

Menghadapi era digital yang serba cepat, sejak Februari 2017, GitarPlus meninggalkan versi cetak dan beralih ke media online dalam membagikan informasi dan mengembangkan komunikasi dengan musisi dan gitaris di seluruh Indonesia.

Secara aktif, kami akan terus memberi informasi yang mengedukasi bagi perkembangan dunia gitar di Indonesia

Redaksi

  • C. Intan Pratiwi Pemimpin Redaksi
  • Eka Venansius
    Eka Venansius Pemimpin Perusahaan
  • Mahayu Koesoemo
    Mahayu Koesoemo Social Media Manager & Redaktur
  • Mahendra Yogaswara
    Mahendra Yogaswara Videographer & Editor
  • Dede SP
    Dede SP Digital Marketing
 

Address

Redaksi GitarPlus

  • Emerald View A1 No.10 Bintaro Sektor 9 Tangerang Selatan, Banten
  • +62 21 29427410

 

Created by inisial dotcom