Endah N Rhesa Garap Album Terbarunya Secara Matang

Di pertengahan tahun 2019 ini, duo Endah N Rhesa kembali menyapa penggemar musik mereka. Melalui album terbarunya yang diberi nama ‘Regenerate‘ tersebut mereka menunjukkan kepada semua pendengarnya tidak hanya sebuah karya yang enak didengarkan, tapi juga terlihat istimewa dari segi desain, konsep, pemikiran lirik lagu, serta kemapuan multi-instrument dari pasangan suami istri tersebut. Sehingga konsepnya pun dipikirkan secara matang sebelum akhirnya resmi dirilis ke pendengar musik.

“Jadi ini kita mengingat kembali proses penggarapan album pertama. Kita mendalami banget konsepnya, warnanya, siapa aja yang mau ngisi, soundnya seperti apa, terus bikin lagu gaya tulisnya seperti apa. Jadi kurang lebih penggambarannya seperti itu,“ jelas Endah di sela-sela hearing session album terbarunya tersebut di kawasan Gudang Sarinah, Pancoran, Jakarta beberapa waktu lalu.

Sesuai yang dikatakan Endah sendiri, album ini mengikuti jejak album pertama sampai ketiga mereka—Nowhere To Go (2005), Look What We Found (2010), Escape (2013)—di mana setiap album tersebut memiliki konsep artistik, mulai dari tema, genre, sampai lirik lagu. Sementara di di album keempat dikemas tak berkonsep seperti sebelum-sebelumnya karena hanya berisi kumpulan lagu berbahasa Indonesia yang sempat menjadi single atau soundtrack untuk sebuah beberapa film.

“Album terakhir kami yang judulnya ‘Seluas Harapan‘ dan dirilis 2015. Dan itu bukan sebenar-benarnya album seperti tiga album sebelumnya. Bukan konsep album karena berisi kumpulan lagu berbahasa Indonesia. Jadi kami selalu berpikir bagaimana album kelima ini kami bisa hadir dengan fresh. Kata-kata itulah yang menjadi kunci untuk album ‘Regenerate.‘

Seperti yang didengar langsung oleh tim gitarplus.id, konsep lagu dalam album terbarunya kali ini sedikit berbeda dengan ketiga album awal mereka. Musiknya cenderung lebih groovy dan penuh unsur soul dengan sedikit bumbu gospel. Seperti yang tertuang di lagu pertama mereka berjudul ‘Regenerate.‘ Sementara di lagu ‘Done Anyway‘ yang sempat dirilis video liriknya awal Juli lalu juga kental dengan nuansa tersebut. Sebuah lagu yang mampu membuatmu bergoyang.

Seperti yang sempat dituturkan Endah N Rhesa, konsep musiknya kali ini lebihmengusung musik yang sedang trend di kalangan anak muda. Musik yang membuat pendengarnya bisa bersenandung, bahkan menari. Selain itu ada unsur masa depan dari lagu-lagu yang digarap oleh keduanya.

“Lagu pertamanya bisa kita bayangkan suasananya masa depan. Seperti kita nonton Back To The Future atau film bertema masa depan lainnya. Terus ada teknologi, hybrid, android, dan lain-lain. Trek pertama ini adalah untuk mengiringi kita ke masa depan serta ke tema dari album ini,” terang Rhesa.

Di album ini juga, Endah memanfaatkan berbagai teknologi perangkat untuk menghadirkan unsur perkusi yang mereka bisa memainkan dengan kaki mereka. Sehingga beat yang dihasilkan mampu menghasilkan warna musik yang membuat enak untuk berdansa. Tambahan lainnya tentu saja adalah jenis gitar yang dimainkan Endah tidak lagi terpaku kepada gitar akustik semata. Seperti yang terjadi di album ketiga mereka yang bertajuk ‘Escape‘ (2013), Endah juga banyak memasukkan gitar elektrik di album tersebut, begitu halnya di album ini.

Album ‘Regenerate‘ sendiri rencananya baru akan dirilis bulan Agustus mendatang. Namun video untuk trek perkenalan berjudul ‘Done Anyway‘ sudah bisa dicek di tautan kanal Youtube mereka.

 

GitarPlus terbit perdana pada 15 Januari 2004. Sebagai majalah gitar pertama dan satu-satunya di Indonesia, GitarPlus berusaha memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia musik, khususnya dunia gitar di Indonesia.

Selama 13 tahun GitarPlus hadir dalam format media cetak dan telah menggelar berbagai kegiatan musik berorientasi gitar yang melibatkan ribuan gitaris di seluruh Indonesia.

Menghadapi era digital yang serba cepat, sejak Februari 2017, GitarPlus meninggalkan versi cetak dan beralih ke media online dalam membagikan informasi dan mengembangkan komunikasi dengan musisi dan gitaris di seluruh Indonesia.

Secara aktif, kami akan terus memberi informasi yang mengedukasi bagi perkembangan dunia gitar di Indonesia

Redaksi

  • C. Intan Pratiwi Pemimpin Umum
  • Eka Venansius Pemimpin Perusahaan
  • M. Fadli Redaktur
  • Bobby Rizkiawan Redaksi

Address

Redaksi GitarPlus

  • Emerald View A1 No.10 Bintaro Sektor 9 Tangerang Selatan, Banten
  • +62 21 29427410

Goodluck Apparel

  • Graha Raya Boulevard Blok P1 No. 27 Serpong Utara,  Tangerang Selatan

Created by inisial dotcom