Sinergi Para Kolaborator di 'The Spirit of Indonesian Music 2019'

Photo by Gunawan Wibisono

Dalam rangka mengangkat harkat derajat martabat musik Indonesia, pihak Deteksi Production dan Boart Indonesia akhirnya bersinergi untuk hadirkan acara musik yang berkualitas. Salah satunya adalah ‘The Spirit of Indonesian Music 2019 berupa intimate concert yang rencananya dimulai dari 16, 23, 30 November sampai 7 Desember mendatang di Grandkemang Hotel, Jakarta. Salah satu musisi yang akan tampil di antaranya adalahb diva popular Tanah Air, Pingkan Mambo.

Menurut CEO Deteksi Production, Harry Koko Santoso atau yang akrab dipanggil Koko menjelaskan bahwa acara ini ditujukan untuk mengangkat musik Indonesia ke level yang lebih tinggi.

"Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk mengangkat harkat martabat musik Indonesia. Bakal ada legend sampai musisi muda yang main di acara ini. Dan untuk yang pertama kali membuka adalah Pingkan Mambo,” tutur Koko di jumpa pers di Grandkemang Hotel, Jakarta kemarin.

"Setelah itu ada beberapa musisi legend yang main blues. Kebetulan pihak Boart Production juga lagi mempromosikan acara Jakarta Blues Festival International. Jadi sekalian Road shownya. Karena acara itu juga memiliki visi musisi Indonesia juga dikenal di global,” tambah Koko.

Senada dengan hal itu, Triyadi yang mewakili Boart Production selaku penyelenggara Jakarta Blues International Festival mengatakan bahwa acara yang digagas oleh pihak Deteksi Production merupakan bagian dari Road To Jakarta Blues Festival International yang akan menampilkan beberapa musisi berbakat. Dalam hal ini, pihak Boart Production memberikan kesempatan musisi blues Indonesia dapat bersanding di acara festival internasional tersebut dan disejajarkan dengan musisi mancanegara.

"Acara Road shownya akan dimulai tanggal 8 Nopember besok di Hard Rock Café Jakarta, dan juga nanti di acara The Spirit of Indonesia Music 2019. Jangan kaget, nanti kita bisa tampilkan musisi muda berusia 10 tahun yang jago main ngeblues. Ibaratnya, Joey Alexander versi blues,” ucap Triadi.

Menuju Jakarta Blues International Festival.

Semenjak tahun 2008, gelaran Jakarta Blues Festival Internasional mengalami jatuh bangun. Sampai pada akhirnya acara tersebut sempat terhenti unyuk beberapa tahun. Di tahun ini, festival musik genre blues itu kembali hadir dengan menghadirkan Paul Gilbert, Bumblefoot, Ken Hesley, dan The Calling. Acaranya sendiri akan digelar pada 7 dan 8 Desember mendatang di area Tennis Indoor Stage, Senayan, Jakarta. Akan ada tiga panggung seperti Iconic Stage, Crossroads Stage, dan Vintage Stage.

Yang menarik, di acara ini para musisi internasional tersebut tidak hanya akan tampil performance di atas panggung. Mereka juga akan tampil dalam acara masterclass. Hal itu juga diungkapkan oleh Triyadi di sela-sela konferensi pers kemarin.

"Ya, mereka akan tampil untuk master class. Kayak klinik. Dan itu berselang-seling. Ada yang di hari pertama dan hari keduanya mereka perform. Ada juga yang sebaliknya. Dan untuk acara masterclass tersebut sudah termasuk dari harga tiket. Tidak ada biaya tambahan,” tutur Triyadi.

Selain musisi internasional, acara ini juga akan menampilkan musisi blues Tanah Air, seperti The Rollies, Gugun Blues Shelter, Adrian Adieotomo, Blues Libre, Edwin Marshal Project, dan lain-lain. Yang menarik juga, bahwa pihak penyelenggara menggagas kompetisi online yang bertajuk ‘One-Minute Blues Challenge, sebuah ajang buat mereka yang suke nge-blues.

Para pemenangnya akan tampil di acara Road To Jakarta Blues International Festival dan berhak mendapat kesempatan untuk meet & greet bersama musisi internasional di acara nanti.


GitarPlus terbit perdana pada 15 Januari 2004. Sebagai majalah gitar pertama dan satu-satunya di Indonesia, GitarPlus berusaha memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia musik, khususnya dunia gitar di Indonesia.

Selama 13 tahun GitarPlus hadir dalam format media cetak dan telah menggelar berbagai kegiatan musik berorientasi gitar yang melibatkan ribuan gitaris di seluruh Indonesia.

Menghadapi era digital yang serba cepat, sejak Februari 2017, GitarPlus meninggalkan versi cetak dan beralih ke media online dalam membagikan informasi dan mengembangkan komunikasi dengan musisi dan gitaris di seluruh Indonesia.

Secara aktif, kami akan terus memberi informasi yang mengedukasi bagi perkembangan dunia gitar di Indonesia

Redaksi

  • C. Intan Pratiwi Pemimpin Umum
  • Eka Venansius Pemimpin Perusahaan
  • M. Fadli Redaktur
  • Bobby Rizkiawan Redaksi

Address

Redaksi GitarPlus

  • Emerald View A1 No.10 Bintaro Sektor 9 Tangerang Selatan, Banten
  • +62 21 29427410

Goodluck Apparel

  • Graha Raya Boulevard Blok P1 No. 27 Serpong Utara,  Tangerang Selatan

Created by inisial dotcom