Alvin Noxa Tiga Bulan Ngegembel di Eropa Demi Masa Depan Band

Tahun 2012 Alvin, drummer band Noxa dan Deadsquad, sempat nekat ngegembel di Eropa sendirian.

"Waktu itu Noxa ada kesempatan manggung di sebuah festival metal di Eropa. Tapi nggak bisa berangkat karena Ateng (alm vokalis Noxa-red) sakit,"

Saat itu Alvin sangat ingin nonton salah satu band legend, Nasum, yang tampil di festival metal di Czech karena itu konser terakhir band asal Sweden itu. Maka, endorsee drum Yamaha sejak 2010 ini pun memutuskan tetap berangkat sendirian meskipun Noxa batal tampil.

"Di sana gua dikontak sama band Canada, namanya Cephalig Carnage, diajak untuk bantu-bantu mereka jadi tour manager dan jadi fotografer. Karir fotografer gua mungkin dimulai dari situ," kenangnya.

Pengalaman itu sangat berkesan sekaligus berharga buat Alvin "Tournya sekitar sebulanan. Lumayan, gua jadi bisa ikutan tour gratis dan nonton band Nasum perform berkali-kali di setiap panggung yang kami singgahi."

Setelah tour dengan Cephalic Carnage selesai, Alvin masih bertahan selama kurang lebih 3 bulan di Eropa.

"Gua sempet ngegembel di Helsinki. Nggak apa-apalah ngegembel di negara orang, asal jangan di negara sendiri," ujarnya sambil tertawa.

Ada masa-masa ia tak punya cukup uang bahkan untuk sekadar makan. "Jadi kalau malam gua nunggu restoran tutup dan minta sisa makanannya. Di sana ada peraturan sisa makanan yang nggak habis dijual di restoran harus dibuang. Nah, sebelum dibuang, gua minta deh," cerita Alvin sambil tertawa. "Waktu itu berat badan gua sempat turun sampai 25 kg."

Tiga bulan di Eropa membuat Alvin mempunyai banyak link di scene metal Eropa. "Koneksi yang gua bangun itu sebenernya untuk tour Noxa berikutnya," tutur Alvin menutup perbincangan.

GitarPlus terbit perdana pada 15 Januari 2004. Sebagai majalah gitar pertama dan satu-satunya di Indonesia, GitarPlus berusaha memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia musik, khususnya dunia gitar di Indonesia.

Selama 13 tahun GitarPlus hadir dalam format media cetak dan telah menggelar berbagai kegiatan musik berorientasi gitar yang melibatkan ribuan gitaris di seluruh Indonesia.

Menghadapi era digital yang serba cepat, sejak Februari 2017, GitarPlus meninggalkan versi cetak dan beralih ke media online dalam membagikan informasi dan mengembangkan komunikasi dengan musisi dan gitaris di seluruh Indonesia.

Secara aktif, kami akan terus memberi informasi yang mengedukasi bagi perkembangan dunia gitar di Indonesia

Redaksi

  • C. Intan Pratiwi Pemimpin Redaksi
  • Eka Venansius
    Eka Venansius Pemimpin Perusahaan
  • Mahayu Koesoemo
    Mahayu Koesoemo Social Media Manager & Redaktur
  • Mahendra Yogaswara
    Mahendra Yogaswara Videographer & Editor
  • Dede SP
    Dede SP Digital Marketing
 

Address

Redaksi GitarPlus

  • Emerald View A1 No.10 Bintaro Sektor 9 Tangerang Selatan, Banten
  • +62 21 29427410

 

Created by inisial dotcom